Tak Lagi Repot Cari Tempat Parkir

SURABAYA – Pernah muter-muter mencari tempat parkir, tapi setiba di lantai teratas ternyata tempat parkir sudah penuh? Situasi itu kerap membikin badmood. Tidak terkecuali Tommy Tanaya.

Nah, dari pengalaman pribadinya tersebut, dia lantas berpikir untuk membuat aplikasi yang mempermudah pencarian tempat parkir. Terutama di tempat parkir bertingkat.

Dengan aplikasi rancangan mahasiswa jurusan Teknik Elektro Sekolah Tinggi Teknologi Surabaya (STTS) itu, pencari parkir dapat memantau kondisi tempat parkir yang dituju. Mereka bisa mengetahuinya dari jarak jauh, bahkan sebelum menuju ke lokasi parkir. Caranya pun mudah.

Tommy menjelaskan, aplikasi tersebut menggunakan web browser yang mudah diakses handphone. ’’Jadi, dari mana saja kita bisa pantau, tempat parkir di sini sudah penuh apa belum,” ujarnya.

Aplikasi milik Tommy itu dapat menampilkan jumlah space lahan parkir, baik yang kosong maupun terisi. Bukan hanya itu, pengguna bisa mengetahui lokasi parkir yang kosong secara jelas. ’’Jadi, lebih mudah. Oh yang kosong di lantai 3, jadi kita bisa langsung ke lantai 3,” tutur pria 23 tahun tersebut.

Pilihan dalam aplikasi itulah yang membedakannya dengan sistem parkir bertingkat yang selama ini kerap dijumpai. ’’Mal-mal biasanya hanya menunjukkan jumlah lahan parkir yang terisi dan kosong. Tidak memperlihatkan lokasinya secara tepat,” jelas Tommy.

Cara kerjanya, lanjut dia, sensor dalam microcontroller di lokasi parkir terhubung dengan router yang berfungsi mengirimkan sinyal. Nah, sinyal itulah yang ditangkap saat aplikasi diaktifkan. Kemampuan router tersebut dapat terus diperbarui. Dengan begitu, sinyal yang dikirimkan semakin akurat dan jelas. Pengguna pun dapat mengakses dari lokasi mana pun.